Selamat datang di artikel Tips Otomotif “Penyebab Cat Motor Mudah Kusam”

OtomotifTips Otomotif “Penyebab Cat Motor Mudah Kusam”
Tips Otomotif Penyebab Cat Motor Mudah Kusam

Tips Otomotif “Penyebab Cat Motor Mudah Kusam”

Cat motor cepat kusam? Cat motor yang kusam memang dirasakan sangat mengganggu penampilan motor tersebut. Selain itu cat motor yang kotor tentunya akan memberikan cerminan pada diri pemiliknya. Maka tak jarang banyak orang yang rela mencuci dan mengelap motor hingga maksimal. Tujuan melakukan hal ini untuk memberikan kesan yang terbaik tentang pemiliknya. Selain itu agar motor yang digunakan bersih dan terlihat lebih keren. Namun terkadang sudah dirawat sedemikian rupa akan tetapi tetap saja warna cat motor akan mudah kusam. Berikut ini tips otomotif mengenai penyebab cat motor mudah kusam dan juga solusi mengenai hal ini:

  • Panas matahari

Apabila motor terpapar sinar matahari secara langsung terlebih dalam jangka waktu yang lama. Maka yang akan dirasakan adalah warna motor akan menjadi lebih cepat kusam, pudar atau pun menguning. Sehingga solusi yang harus dilakukan adalah dengan memarkirkan motor ke tempat yang teduh. Selain itu apabila terpaksa memarkirkan kendaraan di tempat yang panas gunakan sarung pelindung motor yang dijual di toko aksesoris motor.

  • Tertutupi oleh debu

Debu yang menempel pada motor dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama tentunya akan mudah menutupi bodi motor Anda. Apabila debu tersebut dalam jumlah yang banyak akan membuat cat menjadi lebih mudah tergores. Dengan demikian hendaknya Anda bisa lap setiap hari untuk membersihkan debu tersebut. Namun hendaknya jangan langsung mengelap bodi motor dengan lap kering karena akan menimbulkan baret pada motor Anda akibat debu yang menumpuk tadi. Untuk itu hendaknya langsung mencucinya barulah mengelap dengan lap kering.

  • Terkena air hujan

Biasanya apabila motor sering terkena air hujan maka akan lebih mudah kusam. Hal ini karena air hujan mengandung asam nitrat. Asam nitrat ini apabila terkena pada bodi motor dapat mengikis bagian mengkilap pada motor. Sehingga lapisan akan mudah terjadi korosi untuk itu tips otomotif untuk solusi atas masalah ini yaitu segera bilas dengan air bersih dan jangan menundanya. Apabila ditunda maka hal ini yang akan memicu terjadinya korosi cat motor yang dimiliki.

  • Cipratan minyak

Pada saat pengisian bahan bakar dan melakukan pengereman. Maka yang akan terjadi cipratan minyak tersebut terkena pada cat motor dapat menyebabkan korosi cat. Sehingga menyebabkan cat motor tersebut menjadi cepat pudar. Saat terkena cipratan minyak tersebut dengan segera lakukan pembersihan dengan mengelapnya menggunakan kanebo. Dengan demikian tidak akan menyebabkan cat minyak menjadi lebih parah.

  • Proses pencucian motor

Ada baiknya apabila Anda mencuci motor hindari penggunaan sabun colek. Sabun jenis ini tentunya sangat keras dan menyebabkan cat menjadi mudah terkikis dan cat cepat terlihat kusam. Solusi yang dapat dilakukan adalah mencuci motor dengan shampo khusus motor yang terdapat di toko motor. Selain itu cuci motor dalam keadaan kering dan tempatkan motor pada tempat teduh.

  • Pengeringan yang tidak tuntas

Hendaknya keringkan motor setelah di cuci hingga maksimal dan perhatikan dengan teliti. Perlu Anda ketahui apabila pengeringan motor tidak tuntas hanya akan meninggalkan jamur dan bercak pada motor yang dapat mengikis cat motor. Untuk itu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengeringkan hingga bagian terkecil dengan kanebo atau lap yang lembut. Dengan demikian tips otomotif pada proses pengeringan menjadi lebih maksimal dan cat motor akan lebih terlindungi sehingga tak mudah kusam.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*