Tips Mudah Investasi untuk Mahasiswa dengan Dana Terbatas

 

Banyak yang salah kaprah bahwa investasi membutuhkan biaya yang sangat besar dan cukup banyak padahal saat ini banyak cara untuk berinvestasi dengan dana yang terbatas sekalipun.

Itu sebabnya investasi tidak mengenal usia termasuk bagi mahasiswa yang umumnya memang memiliki daratan batas suatu kegiatan dan kehidupan sehari-hari.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap bisa berinvestasi meskipun status kamu masih sebagai seorang mahasiswa bahkan banyak cerita sukses yang dimulai sejak masih duduk di bangku kuliah.

Menabung

Investasi yang paling sederhana dan juga umum dilakukan oleh banyak orang adalah dengan cara menabung. Menabung adalah menyisihkan sebagian uang untuk disimpan sehingga pada saat dibutuhkan dalam target tertentu bisa digunakan.

Menabung pun bisa dijadikan sebagai salah satu modal untuk berinvestasi. Semakin banyak modal yang dikeluarkan akan ada banyak keuntungan yang diharapkan.

Namun jangan terlalu berharap untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari menabung. Sebab, uang yang disimpan dalam tabungan pasti akan terus tergerus oleh inflasi. Misalnya tabungan sejumlah Rp 1 juta yang kamu miliki saat ini bisa digunakan untuk membeli berbagai barang kebutuhan. Namun 5 tahun ke depan, akan terjadi kenaikan harga barang, sehingga uang tersebut mengalami penyusutan nilai.

Investasi yang Tepat

Pada saat ini berinvestasi cukup mudah karena ada banyak cara yang bisa dilakukan mulai dari berinvestasi melalui saham, reksa dana, emas, valas sampai dengan properti.

Tentu saja masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Seperti pepatah Cina “Jangan pernah menyimpan telur dalam satu keranjang” yang artinya jangan pernah menyimpan modal investasi dalam satu bentuk investasi yang sama.

Carilah model investasi yang berbeda sehingga bisa mempelajari mana bentuk investasi yang paling cocok dan aman sesuai dengan kebutuhan pribadi.

Berdagang

Cara lain yang bisa dilakukan untuk berinvestasi adalah dengan cara berdagang atau bekerja sama dengan orang lain untuk menjalankan sebuah usaha.

Yang paling lumrah dilakukan oleh mahasiswa adalah berdagang makanan, sepatu, pakaian sampai dengan barang elektronik.

Selain berinvestasi dalam bentuk uang, kamu juga bisa sekaligus berinvestasi dalam pengalaman dan pengembangan kualitas diri dari berdagang. Saat masih menjadi mahasiswa ada banyak jalan yang bisa ditempuh untuk menghasilkan uang dan kemudian diinvestasikan kembali.

Bijak dalam Utang

Salah satu godaan yang perlu diantisipasi adalah bijak ketika ingin berutang. Jangan sampai dengan berutang justru mimpi untuk berinvestasi menjadi terhambat.

Meskipun ada banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi, pastikan kembali dan sesuaikan berdasarkan skala prioritas. Jika benar-benar dibutuhkan untuk menunjang usaha atau belajar tidak ada salahnya untuk berutang namun dengan bijaksana.

Berutang tidak sepenuhnya merugikan atau salah asalkan bisa digunakan dan dilakukan dengan bijaksana. Apalagi jika sedang menjalankan usaha secara online. Tentu membutuhkan handphone cadangan agar tidak mengganggu penggunaan handphone pribadi.

Jika kebutuhan sudah mendesak namun belum ada cukup dana, kamu bisa saja mengajukan kredit hp online tanpa survey dari Kredivo.

Untuk memiliki akun Kredivo sangat mudah kok. Yang jelas kamu merupakan WNI yang sudah berusia 18 tahun yang memiliki penghasilan perbulan sekitar Rp 3 juta dan berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Medan, Kota Bandung, Semarang, Palembang, atau Denpasar.

Kredivo memberikan batas kredit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya jika hanya untuk membeli hp middle end dengan harga kurang dari Rp 3 juta kamu bisa mengajukan opsi pembayaran 30 hari dengan bunga 0%. Pendaftarannya sangat mudah, kamu hanya perlu mengunggah KTP, dan menyambungkan akun e-commerce yang telah memiliki riwayat transaksi. Sedangkan jika kamu membutuhkan kredit limit hingga Rp 20 juta, kamu perlu mengajukan cicilan dan menambahkan akun internet banking. Tenor cicilan di Kredivo cukup beragam. Kamu bisa memilih antara 3, 6, atau 12 bulan. Bunganya pun paling rendah dibandingkan perusahaan multi finansial lain yaitu hanya sebesar 2,95% per bulan.

Kredivo memberikan syarat yang mudah tanpa harus menyiapkan DP sama sekali. Untuk bisa memanfaatkan kredit hp online tanpa survey dari Kredivo, kamu tinggal mengunduh aplikasinya melalui Play Store maupun App Store. Namun sebelum kamu mendaftar,  pastikan utang tidak melebihi dari 30% total pendapatan tiap bulan.