Selamat datang di artikel Semarak Takbir Keliling Idul Fitri 2016 di Pemda Wonosari

Lain LainSemarak Takbir Keliling Idul Fitri 2016 di Pemda Wonosari
takbir-keliling

Semarak Takbir Keliling Idul Fitri 2016 di Pemda Wonosari

Ratusan warga terutama masyarakat dari kabupaten Gunungkidul berbondong-bondong mengikuti semarak takbir keliling untuk menyambut hari raya idul fitri yang diadakan di pemda Wonosari. Idul fitri dapat diartikan sebagai puncak dari pelaksanaan ibadah puasa di bulan ramadhan. Idul fitri dapat juga dibilang sebagai puncak kemenangan bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Kemenangan yang berartikan sebagai kemenangan dalam mewujudkan kesucian kita para umat Islam. Hari raya idul fitri merupakan hari dimana umat islam bersuka ria dan merasa terbebas dari kesedihan, karena pada hari ini terjadinya saling maaf memaafkan antar sesama umat Islam. Sehingga di hari tersebut tidak ada dendam, dan semua jenis kesalahan harus dimaafkan secara ikhlas.

Penyambutan untuk datangnya hari kemenangan umat islam atau hari raya idul fitri ini biasanya ditandai dengan semarak takbir keliling yang dilakukan oleh kebanyakan orang di berbagai daerah. Takbir mulai dikumandangakan saat malam lebaran, yang mana umat Islam diperintahkan untuk meramaikan malam menuju hari raya idul fitri dengan teriakan takbir. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Gunungkidul, dari berbagai desa mereka mendatangi pemda Wonosari untuk berkumpul dengan umat Islam lainnya dan melakukan takbir keliling bersama-sama. Takbir keliling ini identik dilakukan oleh para remaja, kebanyakan untuk mereka yang sudah dewasa lebih memilih untuk menyuarakan takbir di masjid mereka.

Semarak hari raya idul fitri biasanya identik dengan semua perlengkapan yang serba baru. Mulai dari mukena, jilbab, kopiah, sorban, pakaian yang melekat pada tubuh kita. Selain itu lebaran juga identik dengan tersedianya makanan-makanan ringan di setiap rumah, tidak hanya makanan ringan/cemilan saja namun yang menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang adalah dengan adanya ketupat. Ini menandakan bahwa lebaran merupakan hari yang begitu istimewa bagi kita semua. Makanan dan perlengkapan yang serba baru tersebut sebagai symbol untuk membuka lembaran baru dengan harapan bisa menjadi lebih baik dari tahun yang sebelumnya. Walaupun hanya symbol namun tampaknya itu seperti sudah menjadi suatu keharusan bagi kebanyakan orang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*