Selamat datang di artikel Ritual Adat Kehamilan 7 Bulan di Jawa

Lain LainRitual Adat Kehamilan 7 Bulan di Jawa
kehamilan-7-bulan

Ritual Adat Kehamilan 7 Bulan di Jawa

Orang Jawa masih sering melakukan ritual-ritual adat ketika anaknya atau menantunya sedang hamil termasuk ketika usia kandungan sudah mencapai tujuh bulan. Jika Kehamilan yang berusia tujuh bulan merupakan kehamilan yang orang Jawa atau masyarakat Jawa mengatakan sudah tua. Banyak daerah atau suku-suku yang ada di Indonesia melakukan upacara adat untuk merayakan kehamilan yang sudah berusia tujuh bulan selain Jawa. Masyarakat jawa sendiri sering melakukan ritual atau adat tersebut dan diberi nama “mitoni” artinya bahwa usia kandungan sudah berusia tujuh bulan. Ritual adat di Jawa yang sangat menarik ketika usia kehamilan 7 bulan ini membuat para ibu bayi mempersiapkan kehamilan tujuh bulan dengan sangat antusias. Akan tetapi tidak semua orang di jawa melakukan ritual adat tersebut. Hanya orang-orang tertentu dan masih percaya dengan peninggalan leluhur atau nenek moyang pada masa kehamilan dahulu yang dilakukan leluhurnya.

Maka dari itu ritual adat saat kehamilan 7 bulan di Jawa ini tidak semua orang melakukan ritual adat. Dengan semakin berkembangnya zaman dan majunya zaman maka banyak yang meninggalkan ritual ada yang disebut mitoni ini di jawa. Biasanya acara ritual adat mitoni ini dengan melakukan siraman. Makna dari siraman itu sendiri merupakan untuk membersihkan diri dan meminta restu kedua orang tua atau kerabat yang dituakan dan dihormati agar nantinya proses persalinanya berjalan dengan lancar. Siraman ini biasanya mandi dengan menggunakan air dari sumber mata air yang berjumlah tujuh dari sumber yang berbeda-beda. Selain siraman juga ada ritual sungkeman, sungkeman ini memohon doa restu kepada kedua orang tua dan meminta maaf kepada kedua orang tua dan terutama kepada ibunya karena sebentar lagi anaknya juga mau menjadi seorang ibu.

Dan dengan adanya sungkeman ini maka diharapkan tetap menjaga silahturahmi kepada kedua orang tuanya meskipun sang anak sudah berkeluarga. Selain itu juga akan disediakan dua sepasang kelapa hijau untuk mengetahui jenis kelamin. Selain itu juga ada rasa rujak yang dihidangkan kepada para tamu yang hadir, apabila rujak tersebut manis dan segar maka konon akan lahir anak perempuan dan ketika rasa rujaknya sepat dan pedas akan lahir seorang anak laki-laki. Dan masih banyak ritual adat saat mitoni yang harus dilakukan. Ritual adat kehamilan 7 bulan di Jawa ini sangat unik dan dapat melestarikan budaya atau adat setempat. Akan tetapi tidak semua orang suka dan melakukan adat tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*