Selamat datang di artikel Resep-resep Makanan Indonesia Khas Gunungkidul

WisataResep-resep Makanan Indonesia Khas Gunungkidul
resep-resep-makanan-indonesia

Resep-resep Makanan Indonesia Khas Gunungkidul

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta bagian selatan dan terletak di sebelah timurnya kabupaten Bantul. Gunungkidul terkenal dengan batu kapurnya serta kekurangan air. Namun dibalik itu semua Gunungkidul menyimpan kekayaan wisata alam dan wisata kuliner yang luar biasa. Bagi anda yang senang traveling tentu saja familiar dengan Goa Pindul, Air Terjun Sri Gethuk, Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Sepanjang dan lain-lain. Tempat-tempat tersebut merupakan beberapa wisata alam yang disuguhkan kabupaten ini. Selain tempat wisatanya resep-resep makanan Indonesia Khas Gunungkidul juga akan membuat anda terkagum dan merindukannya.

Gunungkidul memiliki beberapa makanan khas yang sering dicari oleh para wisatawan. Berikut merupakan resep-resep makanan Indonesia khas dari kabupaten Gunungkidul:

  • Walang goreng
    walang atau belalang goreng merupakan makanan khas dari Gunungkidul. Belalang mengandung protein yang sangat tinggi. Belalng biasanya di bersihkan bagian kakinya kemudian diberi bumbu dan digoreng. Pada jaman dahulu belalang digoreng dengan bumbung bawang putih dan garam namun sekarang belalang goreng telah di modifikasi menjadi belalang aneka rasa seperti pedas, manis, keju.
  • Gatot
    Gatot merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang telah dikupas dan di jemur hinga mongering. Singkong sudah mongering ini kemudian direndam selama 12 jam dan dicuci bersih dan kemudian di potong kecil-kecil. Setelah dipotong-potong gatot dikukus hingga matang. Dalam penyajiannya gatot di taburi dengan parutan kelapa , sedikit gula dan garam.
  • Jangan Lombok Ijo
    Jangan Lombok ijo atau sayur cabai hijau memiliki keistimewaan yaitu rasanya yang gurih dan pedas. Cara memasak sayur ini adalah dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, laos, dan beberapa bumbu lainnya . Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian di tumis dengan cabai hijau dan minyak sedikit. Setelah bumbu harum kemudian disiram dengan santan yang kental . Setelah mendidih tempe dimasukkan sebagai pelengkapnya. Agar terasa lebih sedap gunakan tempe yang dibungkus dengan daun.
  • Sego Abang Jirak
    Sego abang jirak atau nasi merah merupakan nasi khas gunungkidul. Nasi ini kaya akan protein dan sangat sehat karena tidak menggunakan bahan kimia dalam penanamannya. Biasanya nasi merah ini disajikan dengan jangan Lombok ijo.

Resep-resep tersebut dapat anda coba, saat anda melakukan kunjungan ke Gunungkidul. Jangan khawatir dengan harga yang harus anda keluarkan karena harga makanan ini semuanya cukup murah. Demikian artikel mengenai resep-resep makanan Indonesia khas Gunungkidul. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*