Selamat datang di artikel Perkembangan Industri E-Commerce Indonesia

TeknologiPerkembangan Industri E-Commerce Indonesia
Perkembangan Industri E-Commerce Indonesia

Perkembangan Industri E-Commerce Indonesia

Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat dewasa ini, perkembangan industri e-commerce menjadi buah bibir di semua kalangan terutama di Indonesia. Ya, kebijakan pemerintah yang membuka e-commerce sebagai salah satu industri baru membuat masyarakat Indonesia harus bersaing untuk menghadapi beberapa tantangan kedepan. E-commerce atau yang juga di sebut sebagai industry digital tentu akan memberikan konsekuensi di balik beberapa kemudahan yang di tawarkan. Apa saja tantangan yang harus di hadapi oleh Indonesia? Simak penjelasan berikut ini.

Borderless

Tantangan pertama yang harus di hadapi oleh Indonesia sebagai salah satu konsekuensi di kembangkannya industri e-commerce adalah borderless. Ya, seperti yang kita tahu, era digital yang terjadi di masa ini telah menghapus border atau batas wilayah. Proses jual beli yang biasanya harus menemukan penjual dan pembeli menjadi menjadi tidak wajib lagi. Tentu, borderless menjadi tantangan yang besar untuk Indonesia dalam perkembangan industri e-commerce karena arus jual beli tidak hanya bersifat lokal, tapi juga international dan persaingan pedagang menjadi lebih ketat.

Demand

Demand atau permintaan menjadi salah satu tantangan yang juga harus di hadapi oleh para pelaku industry. Ya, hal ini benar adanya karena dengan wilayah penjualan yang tidak terbatas, maka akan berpotensi memberikan transaksi yang luar biasa. Di sinilah para pelaku industri di tes kemampuannya. Permintaan yang banyak dalam perkembangan industri e-commerce menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku industry untuk menyediakan barang dagangannya dengan skala yang lebih besar. Tentu, peran pemerintah dalam menyediakan bahan baku juga sangat di butuhkan.

Globalization

Globalization atau globalisasi menjadi tantangan selanjutnya dalam perkembangan industri e-commerce yang di kembangkan di Indonesia. Globalisasi menuntut para pelaku industry senantiasa berpikir kreatif dan maju. Dengan arus globalisasi dalam industri e-commerce yang semakin pesat, tentu produk unggulan dengan kualitas mumpuni dan dengan fitur lengkap menjadi pilihan konsumen. Dalam hal ini, para pelaku industry harus menyadari beberapa hal baru yang dapat menjadi ide mereka selanjutnya.

Oleh karena itu saat perkembangan industri e-commerce di Indonesia harusnya didukung oleh segenap pihak agar semua lini yang terlibat di dalam industri tersebut mampu tumbuh secara positif. Salah satu lini yang harus di dukung adalah blanja.com situs jual beli online milik Telkom dan eBay yang dapat diakses di http://www.blanja.com . Mari berbelanja online untuk menumbuhkan industri e-commerce di Indonesia.

Perkembangan industri e-commerce memberikan beberapa tantangan yang harus di hadapi, terutama bagi para pelaku industry di Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*