Selamat datang di artikel Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal

KesehatanPenyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal

Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Normal

Siklus menstruasi yang tidak normal ada beberapa penyebabnya. Penyebab yang tidak wajar adalah gangguan pola makan. Gangguan pola makan ini ada kaitannya dengan asupan gizi dan asupan beberapa jenis makanan yang akan memicu siklus haid menjadi tidak teratur. Apabila asupan gizi lemak pada makanan yang Anda konsumsi sangat kurang, maka bisa jadi Anda akan mengalami gangguan sikkua menstruasi. Lemak pada makanan adalah zat yang sangat diperlukan bagi tubuh untuk memproduksi hormon yang berfungsi untuk mengatur siklus hais seorang wanita. Kekurangan asupan lemak ini bisa disebabkan oleh diet yang sangaf berlebihan sehingga akan mengganggu sisten hormon pada manusia. Sistem hormon inilah yang menyebabkan menstruasi Anda teratur atau tidak.

Penyebab siklus menstruasi tidak normal berikutnya adalah konsumsi obat yang mengganggu sistem hormon tubuh manusia. Konsumsi obat seperti pik kb ataupun suntik kb tentu akan sangat mengganggu siklus haid anda. Pil KB dan suntik KB adalah jenis obat kontrasepsi yang sangat mempengaruhi kerja hormon reproduksi wanita. Penggunaan kedua jenis alat kontrasepsi ini jelas mengganggu kerja homo reproduksi. Kedua jenis alat kontrasepsi ini terbuat dari hormon yang menggannggu terjadinya pembuahan. Selain alat kontrasepsi obat hormon ini ada yang berasal dari obat yang cara kerjanya memiliki efek samping pada kerja hormin reproduksi. Oleh sebab itu jika memungkinkan ketika Anda akan melakukan pengobatan terhadap penyakit Anda, usahakan untuk selalu menanyakan kepada dokter yang menangani Anda apakah obat yang diresepkan oleh dokter akan mengganggu kerja hormon. Jika ya maka sebaiknya Anda minta ganti resep obatnya. Sebab, ada beberapa jenis obat untuk terapi beberapa penyakit tertentu memiliki efek gangguan pada sistem hormon reproduksi. Jika memang demikian sebaiknya Anda minta dokter untuk mengganti resep obatnya.

Penyebab siklus menstruasi tidak normal yang ketiga adalah hamil dan menyusui. Penyebab inilah yang diinginjan oleh wanita yang sudah menikah. Ketika hamil tentu saja nenstruasi tetap berhenti. Sedangkan pada wanita yang menyusui, siklus haidnya juga mengalami gangguan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*