Selamat datang di artikel Panduan Umroh Lengkap yang Wajib Anda Ketahui

Lain LainPanduan Umroh Lengkap yang Wajib Anda Ketahui

Panduan Umroh Lengkap yang Wajib Anda Ketahui

Menjalankan ibadah haji merupakan kewajiban seorang muslim yang mampu. Rukun islam yang ditujukan kepada mereka yang mampu ini harus dilakukan dengan baik agar menjadi haji yang mabrur. Umroh atau haji kecil memiliki beberapa perbedaan saat menjalankannya. Meskipun begitu, umroh harus dilakukan dengan baik dan benar sama halnya dengan melakukan ibadah haji. Saat akan melakukan ibadah umroh, ada baiknya Anda menggunakan panduan umroh lengkap dan mempelajarinya dengan baik. Panduan umroh tersebut dapat dipelajari sebelum melakukan ibadah umroh. Dengan penguasaan panduan yang baik, Anda dapat melaksanakan ibadah umroh dengan baik dan lancar.

Saat melakukan ibadah umroh yang dilakukan di Masjidil Haram, Anda akan melakukan thawaf sebanyak 7 kali. Thawaf merupakan kegiatan mengelilingi Ka’bah dengan memanjatkan doa. Kegiatan ini merupakan peristiwa yang sangat mendebarkan karena Anda dapat berada di sisi Ka’bah dalam jarak yang amat dekat. Agar proses umroh dapat berjalan dengan baik, Anda dapat mengikuti panduan umroh lengkap di bawah ini:

  • Saat Anda sudah tiba di Masjidil Haram, segera beralih ke Hajar Aswad. Bacalah doa “ Bismillahi wallahu akbar” dengan posisi tubuh menghadap Hajar Aswad.
  • Usap Hajar Aswad dengan menggunakan tangan sebelah kanan dan cium tangan yang telah menyentuh Hajar Aswad tersebut. Jika Anda tak mampu untuk menyentuh Hajar Aswad, Anda dapat menggerakkan tangan yang seolah-olah dapat menyentuh Hajar Aswad. Tetapi, Anda tidak perlu untuk mencium tangan kanan Anda.
  • Lakukan thawaf sebanyak 7 kali yang dimulai dan diakhiri di Hajar Aswad.
  • Saat melakukan thawaf, disunahkan untuk berlari-lari kecil pada tiga putaran pertama dan berjalan kaki pada empat putaran berikutnya.
  • Bagi para pria, disunahkan untuk membuka tangan saat thawaf.
  • Saat melakukan thawaf, jawaah disunahkan untuk menyentuh Rukun Yamani. Berikut doa yang dapat Anda panjatkan ketika menyentuh Rukun Yamani, “ Robbana aatinaa fiddunya hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qinaa ‘adzaabanaar”.
  • Setelah itu, Anda dapat melakukan shalat sunah 2 rakaat. Setelah itu, Anda disunahkan untuk meminum air zam-zam dan menyiramkannya di kepala.
  • Setelah selesai, Anda harus menuju ke Hajar Aswad lagi untuk bertakbir.

Saat Anda mengikuti panduan umroh lengkap ini, Anda akan diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah umroh. Ibadah umroh akan terasa jauh lebih mudah dengan adanya panduan umroh tersebut. Semoga panduan umroh ini dapat menambah wawasan Anda mengenai tat acara melaksanakan ibadah umroh.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*