Mengulas Tentang Sepeda Federal yang Tetap Disukai dari Masa ke Masa

Sepeda federal pasti sudah tidak asing lagi bagi para pengguna sepeda untuk kegiatan santai ataupun berolahraga. Sepeda yang old but gold ini memang sudah memiliki tempat tersendiri di hati para pengguna sepeda. Perlu diketahui bahwa sepeda dari merk Federal ini sudah sangat populer digunakan oleh masyarakat di berbagai kalangan sejak tahun 90-an. Semula sepeda yang satu ini diproduksi pertama kali oleh PT. Federal Cycle Mustika dan berasal dari Indonesia. Sehingga bagi Anda yang ingin menumbuhkan rasa cinta kepada negara sendiri, bisa Anda lakukan dengan mencintai produk buatan negeri sendiri seperti sepeda dari Federal ini. Anda juga harus berbangga karena sepeda dari Federal saat ini sudah diekspor hingga ke luar negeri.

Sepeda yang satu ini sangat disarankan sekali untuk para pecinta olahraga sepeda. Karena meskipun buatan dalam negeri, namun kualitasnya tidak kalah dengan merek sepeda keluaran luar negeri. Sepeda yang satu ini saat ini mulai menurun popularitasnya karena ketatnya persaingan sehingga PT. Federal Cycle Mustika sempat tidak memproduksi lagi sepeda jenis ini. Namun hal ini tidak menyurutkan para pecinta sepeda yang satu ini. Beberapa pemilik sepeda dari Federal mempopulerkannya kembali dengan membentuk sebuah komunitas yang berisi penggemar fanatik sepeda ini yang kini dikenal dengan istilah ‘Federalist’. Komunitas sepeda ini dinamakan dengan Komunitas Federal Indonesia. Komunitas ini didirikan pertama kali oleh Bagas Triaji, seorang pemuda asal dari Yogyakarta pada tanggal 16 Januari 2009. Hal ini bermula dari foto sepeda MTB yang diunggah ke media sosial mengalami respons yang cukup positif dan banyak dari berbagai kalangan masyarakat.

Para pecinta sepeda Federal tentu memiliki alasan yang sangat kuat kenapa bisa menyukai jenis sepeda yang satu ini. Federal menawarkan beberapa keunggulan yang membuatnya disukai oleh para pecinta sepeda. Beberapa mekanik sepeda pun juga mengakui bahwa sepeda yang satu ini memiliki kualitas yang sangat baik. Bahan-bahan yang berkualitas tinggi dalam rancangan sepeda ini membuatnya tahan lama, awet, dan tetap kuat dan gagah meskipun digunakan selama belasan tahun. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membeli sepeda yang satu ini dari toko sepeda maupun toko online, ada beberapa ciri dan tipe sepeda yang asli agar Anda tidak salah pilih.

  1. Built quality yang sangat bagus dengan ciri-ciri las-lasan dan cat yang rapi, selain itu meskipun sudah tua namun tetap terlihat bagus.
  2. Terdapat nomor seri di 3 tempat yang berbeda, tergantung dari tipe sepedanya. Letak nomor serinya itu bisa Anda temukan pada bagian bawah BB (menghadap ke jalan), pada sisi kiri bawah seat tube dekat dengan FD, dan satunya lagi pada head tube bagian belakang.
  3. Seat stay ujungnya meruncing dan menempel pada seat tube bagian samping.
  4. Di atas rem cantilever brake atau brake belakang terdapat bracket yang berguna untuk memasang rear rack (menyerupai cable cage).
  5. Pipa seat tube di bagian atas yang pada lubangnya berfungsi untuk memasukkan seatpost yang dibuat dalam bentuk meruncing.
  6. Sebagian decal pada sepeda terdapat tulisan ‘Cycle2000/ dan ‘PT. Federal Cycle Mustika’.

Beberapa ciri dan tipe sepeda Federal yang dipaparkan tadi bisa Anda terapkan saat membeli sepeda yang satu ini. Hal ini sangat penting mengingat banyak produk sepeda ini yang palsu dan dibanderol harga yang mahal. Tentu Anda tidak mau bukan terlanjur mengeluarkan uang yang banyak namun mendapatkan barang yang tidak original. Untuk itu ulasan sebelumnya tadi bisa Anda jadikan acuan.