Selamat datang di artikel Membuat Media Tanam Hidroponik dengan Menggunakan Arang Sekam

Lain LainMembuat Media Tanam Hidroponik dengan Menggunakan Arang Sekam

Membuat Media Tanam Hidroponik dengan Menggunakan Arang Sekam

Bercocok tanam tentu menjadi salah satu hal yang cukup menyenangkan apalagi bagi para pecinta tanaman dan pertanian. Salah satu system bercocok tanam yang saat ini tengah popular adalah system tanam hidroponik yang mudah dan juga efisien. Ada banyak sekali media tanam yang bisa digunakan untuk system bercocok tanam yang satu ini. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah media arang sekam. Arang sekam ini merupakan bahan yang cukup efektif untuk penanaman terutama untuk sayur-sayuran. Cara membuat arang sekam sebagai media tanam pun cukup mudah dan murah sehingga banyak dipilih.

Berikut ini adalah bahan-bahan serta peralatan dan proses untuk membuat arang sekam yang akan dijadikan untuk pembuatan media tanam hidroponik. Cara pembuatan arang sekam bisa diakukan dengan 2 cara mudah yaitu:

  1. Disangrai

Arang sekam bisa dibuat dengan cara disangrai yaitu dengan menggoreng arang tanpa menggunakan minyak. Selain itu bisa juga dibuat dengan menggunakan seng yang dipanaskan diatas tunggu lalu kemudian menggoreng arang diatas seng tersebut hingga menjadi gosong.

  1. Dibuat arang

Cara yang kedua ini adalah dengan membakar sekam sama seperti cara membuat arang pada umumnya. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan membakar sekam dan meletakkan cerobong yang dilubangi diatas tumpukan sekam yang sibakar. Setelah itu pisahkan sekam dengan abu hasil dari pembakaran.

Jika arang sekam sudah selesai dibuat, anda bisa mulai untuk menanam tanaman dengan menggunakan arang sekam tersebut. Selain membuat sendiri, arang sekam bisa didapatkan di toko-toko yang menjual kebutuhan bercocok tanam. Cara menanam tanaman di arang sekam cukup mudah yaitu memersiapkan wadah seperti ember, botol atau kaleng yang diberik arang sekam lalu tanam tanaman yang ada. Arang sekam adalah media tanam yang cukup efektif yang bisa menghemat air untuk menutrisi tanaman dan juga bisa membuat pertumbuhan tanaman hidroponik yang anda kelola tumbuh cukup cepat dan efisien. Jadi, manfaatkan arang sekam dan jadikan tanaman anda tumbuh lebih cepat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*