Selamat datang di artikel Langkah Mudah dan Cara Mencuci Baju Bayi yang Baik

CaraLangkah Mudah dan Cara Mencuci Baju Bayi yang Baik
Langkah Mudah dan Cara Mencuci Baju Bayi yang Baik

Langkah Mudah dan Cara Mencuci Baju Bayi yang Baik

Kulit bayi yang baru lahir memang berbeda dengan kulit orang dewasa. Umumnya kulit bayi tersebut sangat sensitif dari orang dewasa sehingga membutuhkan perhatian yang cukup ekstra. Salah satu hal yang paling banyak ditanyakan oleh para orang tua yang baru pertama kali memiliki bayi adalah bagaimana cara mencuci baju bayi tersebut? Seperti yang kita tahu bahwa mencuci baju bayi ini tak boleh dilakukan sembarangan agar nantinya kulit bayi tidak mengalami iritasi. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mencuci baju bayi ini?

Berikut ini ada beberapa cara mencuci baju bayi yang ternyata sangat mudah untuk dilakukan dan sebaiknya diperhatikan agar kulit bayi tetap terjaga dengan baik. Langkah mudah dalam mencuci baju bayi seperti:

  1. Memilih deterjen yang tepat

Hindarilah penggunaan bahan kimia berbahaya karena dapat membuat kulit bayi menjadi teriritasi. Pilihlah deterjen yang ramah lingkungan bisa dilihat dari kemasannya. Alangkah lebih baik lagi jika menggunakan deterjen khusus untuk mencuci baju bayi. Apabila tidak ada yang khusus deterjen bayi maka pilihlah yang tidak menggunakan pewangi maupun pewarna.

  1. Membersihkan noda

Sebelum mencuci ada baiknya untuk memilih baju ataupun popok bayi, bersihkan dengan air mengalir. Kemudian dapat dikucek maupun disikat hingga noda hilang lalu dibilas. Jika noda tersebut membandel maka sebaiknya rendam pakaian ataupun popok yang terdapat nodanya ke dalam larutan deterjen selama setengah jam.

  1. Cara mudah mencuci baju

Baju maupun popok bayi yang telah dibersihkan dari noda ini dapat dicuci bersama dengan baju-baju lainnya. Apabila menggunakan deterjen bubuk maka tuang air terlebih dahulu di ember ataupun mesin cuci dan barulah dibubuhi deterjen. Sementara itu, baju bayi ini haruslah dibilas sebanyak 2 – 3 kali sampai benar-benar bersih. Jika tidak bersih maka akan menyebabkan ruam popok di kulit bayi. Dapat pula menggunakan pelembut baju khusus bayi agar nyaman saat digunakan. Untuk menjemurnya cukup digantung dan sebaiknya langsung terkena sinar matahari agar kuman-kumannya menjadi hilang dan baju pun kembali bersih.

Penjelasan mengenai cara mencuci baju bayi di atas memang sangat mudah dilakukan bukan? Hal tersebut memang mudah tetapi banyak orang tua yang belum mengetahuinya. Bagi Anda yang sudah tahu maka langsung bisa mempraktekkannya di rumah sehingga kulit bayi Anda yang sensitif tersebut akan terjaga dengan baik dan juga terbebas dari iritasi kulit seperti gatal-gatal maupun ruam popok.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*