Selamat datang di artikel Keberagaman Bali Island

WisataKeberagaman Bali Island
bali-island

Keberagaman Bali Island

Bali Island atau yang lebih sering disebut dengan Pulau dewata ini merupakan salah satu pulau yang sangat terkenal hingga seluruh penjuru dunia. Pulau Bali yang sangat populer karena keindahan alamnya yang dimiliki. Pulau ini yang termasuk bagian dari kepulauan sunda kecil; ini beribu kota di Denpasar. Secara geografis Bali terletak pada 8º LS dan 115° BT. Daerah ini pun merupakan daerah yang memiliki ilkim tropis seperti daerah Indonesia yang lainnya. Secara geografis provinsi Bali berbatasan dengan Selat Bali dan Provinsi Jawa Timur di sebelah barat, Laut Bali di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah selatan dan Selat Lombok di sebelah timur. Suku bangsa yang terdapat di Pulau ini terbagi menjadi dua yaitu suku bali aga yang merupakan penduduk asli suku bali, kebanyakan dari mereka tinggal di trunyan. Yang kedua yaitu suku bali mojopahit yang merupakan bali hindu atau penduduk bali yang keturunan dari kerajaan mojopahit. Kebudayaan yang berada di Bali bisa dikatakan masih sangat kental dan asli karena penduduknya masih sangat memegang teguh budaya yang diwariskan dari nenek moyang mereka.

Sebagian besar penduduk yang berada di Bali Island menggunakan bahasa bali dan bahasa Indonesia. Bahkan sebagian besar masyarakat bali adalah bilingual atau trilingual. Bahasa inggris adalah bahasa ketiga dan bahasa asing lainnya merupakan yang paling utama bagi masyarakat bali yang sangat dipengaruhi oleh kebutuhan industri dalam bidang pariwisata. Bahasa bali sendiri dibagi menjadi dua yaitu bahasa aga yaitu bahasa bali yang pengucapannya lebih kasar yang akan di pakai oleh kaum sudra, dan dalam bahasa bali mojopahit yaitu bahasa yang pengucapannya lebih halus yang akan digunakan oleh kaum brahmana, kaum ksatrian dan kaum waisya.

Bali Island juga memiliki begitu banyak makanan khas yang tersedia, biasanya makanan makanan asli Bali menggunakan berbagai macam rempah rempah untuk memasaknya. Sehingga rasa yang dihasilkan dari berbagai campuran rempah tersebut akan sangat terasa dan khas jika anda mencicipinya. Pada setiap kabupaten di Bali memiliki makanan yang khas contohnya nyamakanan tradisional badung, terdapat ayam jejeruk, sate lilit ayam, jukut ares dan lawar kuwir. Untuk daerah di Denpasar sendiri akan banyak anda menemui masakan ayam betutu, nasi campur bali dan masih banyak makanan khas dari bali yang lainnya yang wajib anda coba jika berkunjung ke Pulau Bali.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*