Selamat datang di artikel Jenis Alergi Yang Sering Terjadi

KesehatanJenis Alergi Yang Sering Terjadi

Jenis Alergi Yang Sering Terjadi

Kita tahu bahwa alergi sudah menjadi hal yang umum untuk kalangan berbagai usia termasuk anak-anak. Alergi yang meskipun bukan sebuah penyakit namun tetap membutuhkan pencegahan dan penanganan tertentu agar tidak menjadi lebih parah. Beberapa orang lebih rentan terhadap alergi daripada sebagian yang lain karena pengaruh gen atau keturunan. Dengan kata lain, orang tua yang memiliki alergi lebih besar kemungkinannya untuk menularkannya pada anak-anaknya. Berbicara soal reaksi alergi, yang menarik adalah banyaknya jenis alergi mulai dari yang umum hingga yang paling aneh sekalipun. Penting bagi setiap orang untuk mengetahui apa macam macam alergi agar bisa lebih waspada.

1. Alergi Terhadap Suhu Udara
Ini merupakan salah satu jenis alergi yang paling sering muncul. Bukan hanya disebabkan oleh udara yang dingin namun juga sinar matahari. Ya, bagi sebagian orang, sinar matahari bukannya bermanfaat namun justru dapat menimbulkan reaksi alergi. Hal ini terjadi karena antibodi di dalam tubuh tidak sanggup untuk menahan atau beradaptasi di lingkungan dengan suhu ekstrim, bisa terlalu dingin atau panas.
2. Alergi Terhadap Binatang
Hal yang umum diketahui bahwa hewan kerap menimbulkan reaksi alergi. Beberapa bagian tubuh hewan terutama bulu memang dianggap sebagai salah satu alergen paling umum yang memicu reaksi alergi seperti ruam, gatal, sesak dan bersin.
3. Alergi Terhadap Makanan
Di luar negeri, alergi terhadap makanan lebih sering terjadi dibanding di Indonesia. Berbagai jenis makanan bisa memicu reaksi alergi termasuk kacang dan gluten. Biasanya, reaksi alergi muncul setelah seseorang mengkonsumsi makanan tertentu sehingga mengalami pembengkakan di sekitar bibir atau ruam di kulit. Bahkan, alergi ini juga bisa menyebabkan pembengkakan tenggorokan.
4. Alergi Terhadap Obat
Banyak orang yang sebenarnya alergi terhadap obat-obatan tertentu namun tidak menyadarinya. Salah satu jenis obat yang menyebabkan alergi adalah antibiotic. Biasanya, tubuh akan mengalami ruam, bengkak-bengkak atau memerah pada kulit setelah mengkonsumsi obat tersebut.
5. Alergi Tingkat Parah
Berbagai jenis alergen dapat memicu alergi tingkat parah atau anafilaksis. Pada tingkat ini, reaksi alergi dapat mengancam kematian karena pasien mengalami kesulitan bernafas, sesak tenggorokan, kemerahan di wajah ataupun pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.