Selamat datang di artikel Inilah model Wayang Kulit Pattern Dari Jawa

Lain LainInilah model Wayang Kulit Pattern Dari Jawa
wayang-kulit

Inilah model Wayang Kulit Pattern Dari Jawa

Seperti kita tahu bahwa banyak sekali budaya jawa yang sangat terkenal, bukan hanya di indonesia saja tapi budaya jawa ini juga sudah banyak dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Ada banyak budaya jawa yang sudah sangat terkenal di dunia, salah satunya adalah wayang kulit. Sejak jaman dulu wayang kulit ini banyak digemari oleh masyarakat jawa. Mereka menggunakan wayang kulit ini untuk berbagai keperluan, seperti hajatan, pesta budaya, acara ritual tertentu, dan lain sebagainya. acara-acara seperti itu biasanya akan mengundang banyak orang untuk datang dan menyaksikan pertunjukan wayang tersebut. Meskipun biasanya pentas wayang kulit ini diadakan selama semalam suntup tapi penggemarnya tidak pernah bosan untuk melihat pertunjukan itu. hal itu karena memang wayang kulit adalah pertunjukan yang sangat menarik dan mengasyikan untuk disaksikan sehingga meskipun waktunya sangat lama tapi seperti tidak terasa dalam menikmatinya. Sebenarnya apa itu wayang kulit pattern?

Dari namanya sudah bisa kita perkirakan. Wayang kulit pattern adalah wayang yang dibuat dari kulit. Namun bukan kulit biasa untuk membuat wayang ini tapi wayang kulit dibuat dari kulit yang berkualitas dan kulit yang sudah diproses lebih dulu. Setelah diproses menjadi kulit yang siap digunakan kemudian kulit tersebut dipotong-potong dengan sangat halus. Pemotongan kulit ini harus sangat berhati-hati agar ketika jadi wayang bisa terlihat dengan indah. Setelah dipotong maka pembuat wayang kulit akan mengukir dan menghias kulit-kulit tersebut agar berbentuk seperti yang diinginkan. Setelah proses mengukir sudah selesai maka wayang diberi tangkai. Tangkai ini untuk memudahkan seorang dalang atau penggerak wayang dalam menggunakannya.

Mungkin hal inilah yang membedakan antara wayang kulit pattern dengan wayang lain seperti wayang kayu dan wayang yang terbuat dari bahan lainnya. jika wayang kulit ini bahannya memang seluruhnya terbuat dari kulit yang dihias secara indah sedangkan wayang kayu dibuat dari kayu. Proses mengukirnya uga tidak sama karena untuk wayang kulit harus diukir secara hati-hati karena jika tidak hati-hati saat mengukir kulit tersebut maka wayang tidak bisa terlihat indah saat ditampilkan. Untuk itu membutuhkan kemampuan khusus orang yang mengukir atau membuat wayang kulit ini sehingga wajar saja jika harga perbuah dari wayang kulit ini sangat mahal karena untuk membuatnya saja perlu waktu yang lama agar wayang tersebut benar-benar siap untuk digunakan dan ditampilkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*