Inilah 4 Perawatan Mesin Sepeda Motor yang Wajib Dilakukan

Image result for Inilah 4 Perawatan Mesin Sepeda Motor yang Wajib Dilakukan

Kini nyaris semua orang memiliki sepeda motor yang bisa dipakai untuk mobilitas sehari-hari maupun untuk perjalanan mudik. Sekalipun motor dirancang untuk perjalanan dekat saja namun dengan perawatan yang tepat dijamin aman untuk perjalanan jauh. Maka penting sekali untuk memahami bagaimana menjadikan motor kesayangan selalu prima, karena sering memakai motor kemudian tiba-tiba menginap di bengkel. Dijamin akan kesulitan dalam menjalankan rutinitas dan merasa tidak nyaman naik kendaraan umum.

Perawatan yang tepat sebenarnya tidak susah namun bisa menjadikan motor tersebut awet dan juga performanya terjaga. Sehingga tidak ada kemungkinan rutin berkunjung ke bengkel di luar kebutuhan service resmi karena mogok atau kerusakan lainnya. Biasanya pengendara perempuan adalah yang paling sering memiliki motor yang tidak enak dipakai, kemungkinan karena tidak paham bagaimana merawat motor tersebut. Padahal cukup mudah dan tidak perlu menjadi sarjana teknik mesin untuk memahaminya.

Perawatan Mesin Motor

Bagi Anda yang sering bermasalah dengan motor rusak bisa jadi karena tidak memberikan perawatan yang semestinya. Berikut tips perawatan yang bisa menjaga performa mesin motor kesayangan:

  1. Pakai bahan bakar dengan oktan tinggi,

Teliti dalam menentukan bahan bakar bisa membantu merawat motor tetap awet dan gahar, jadi jangan ragu merogoh kocek lebih dalam. Sebab bensin dengan oktan tinggi cenderung mahal namun bersih di mesin karena tidak ada atau minim sampah pembakaran. Sehingga menjadikan mesin selalu bersih dan pada akhirnya menjadi lebih awet.

  1. Ganti oli secara teratur,

Supaya sepeda motor tidak mudah rusak Anda musti memperhatikan pula oli yang digunakan, selain berkualitas musti rutin diganti. Penggantian oli ini bisa 2-3bulan sekali atau disesuaikan dengan kebutuhan motor Anda. Sebab semakin sering dipakai perjalanan jauh semakin lebih sering pula oli mesin musti diganti. Oli berkualitas pun baiknya digunakan, pilih yang sesuai spesifikasi motor Anda. Jika susah menemukannya di bengkel kesayangan tinggal mencarinya ke toko online khusus oli motor dijamin menemukan yang sesuai.

  1. Selalu memperhatikan kondisi aki,

Aki motor juga baiknya diperiksa dengan rutin untuk memastikan kondisinya selalu bagus dan bisa diandalkan. Lewat aki yang selalu dalam kondisi prima Anda bisa mendapatkan motor yang ringan dan lampu yang terang. Saat berkendara di waktu gelap dijamin tidak kesulitan memperhatikan kondisi jalan dan mencegah resiko tersesat. Jadi, aki musti dicek teratur dan khususnya bagi pengguna aki basah yang musti diisi ulang setiap air akinya akan habis.

  1. Rajin service berkala,

Kalau malas ke bengkel untuk service rutin maka dijamin motor akan mudah rusak dan sekali ke bengkel bisa menghabiskan lebih banyak dana. Idealnya per tiga bulan sekali motor di service agar mekanik bisa membersihkan seluruh bagian mesin motor. Kemudian mengecek komponen mana yang perlu diganti sesuai keluhan dalam pemakaiannya, nantinya bisa serasa mengendarai motor baru selepas di service.

Perawatan mesin motor memang menjadi kewajiban karena kalau dilalaikan bisa menyebabkan kerusakan pada motor Anda. Jika sudah rusak dijamin mengganggu aktifitas dan tentu perlu keluar uang banyak pula. Lebih-lebih kalau rusaknya komplit, sudah harus mengganti banyak sparepart masih harus ditambah membeli aki baru. Bagaimana jika selang beberapa hari musti bayar pajak juga? Tekor tentunya, maka berikan perawatan berkala pada sepeda motor Anda agar tidak mengalami kerusakan parah dan menghabiskan banyak dana.