Selamat datang di artikel Filosofi Gebyok Jati

Lain LainFilosofi Gebyok Jati
gebyok-jati

Filosofi Gebyok Jati

Bagi pembaca yang sudah tahu tentang gebyok jati, disini saya akan membahas filosofi tentang furniture khas jawa ini. Tapi sebelumnya saya akan kembali menjelaskan kepada pembaca yang belum tahu apa itu gebyok. Gebyok adalah salah satu furniture traditional khas Jawa berupa partisi penyekat ruangan khas Jawa yang pada umumnya terbuat dari bahan kayu. Biasanya dipergunakan untuk menyekat antara ruang seperti ruang tamu atau ruang keluarga dengan kamar-kamar di rumah adat. Gebyok pun bisa dipasang sebagai pemanis pendopo di salah satu sisinya untuk menuju ke rumah adat. Itu sedikit tentang gebyok dan selanjutnya kita akan membahas tentang filosofi gebyok.

Gebyok jati merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang tidak lekang oleh zaman. Gebyok penuh metafor dan simbol pesan tentang kebijakan hidup, tentang kesejahteraan hidup. Sejahtera bukan di dunia saja melainkan di akhirat.Gebyok dahulu pernah menjadi simbol kekayaan di kudus. Gebyok banyak dipakai di rumah Kudus sebelum tahun 1810 M, menjadi simbol kejayaan dan kekayaan pemiliknya. Lingkungan Kudus Kulon diciptakan sebagai tempat khusus rumah tradisional kudus. Sebelumnya, seni ukir Gebyok didominasi oleh bunga teratai. Hal ini bisa dimengerti karena pada saat itu pada zaman dahulu, agama mayoritas warga adalah agama Hindu. Sunan Kudus, penyebar agama Islam tanah Jawa, memperkenalkan ukiran dari bunga melati. Bunga melati berukuran kecil, putih dan wangi. Arti dari melati sebagai perlambang penganut agama Islam pada waktu itu berjumlah kecil, namun bisa memberikan wewangian bagi sekeliling. Melati dalam gebyok dibikin tersambung satu sama lain, dan juga menyatu dengan komponen yang lain. Makna simbolik dari kedekatan ini adalah Islam dan umat dari agama lain sebaiknya bersatu membangun kedamaian, walaupun berbeda agama dan pendapat.

Itulah beberapa filosofi Gebyok dan sejarah ukirannya yang bermulai dari ukiran bunga teratai berkembang menjadi ukiran bungan melati. Jika kalian tertarik dengan furniture Gebyok jati langsung kunjungi mebel kamal yang pastinya menyediakan gebyok jati yang berkualitas.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*