Selamat datang di artikel Cerita Legenda Rakyat Nusantara Selat Bali

Lain LainCerita Legenda Rakyat Nusantara Selat Bali
Cerita Legenda Rakyat Nusantara Selat Bali

Cerita Legenda Rakyat Nusantara Selat Bali

Selat Bali merupakan selat yang memiliki cerita legenda yang menarik. Kisahnya bermula dari seorang Brahmana dengan nama Sidi Mantra yang menikah dengan seorang putri yang cantik jelita. Sidi Mantra merupakan seseorang yang sangat sakti dan telah dikenal di berbagai penjuru. Dari pernikahannya, mereka memiliki seorang putra yang diberi nama Manik Angkeran. Putranya yang terkenal dengan peringainya yang kurang baik pula ini memiliki kebiasaan berjudi yang menghabisan banyak harta orang tuanya. Orang tuanya tidak hentinya memberikan nasehat untuk berhenti dari kebiasaannya. Suatu hari ketika segala harta telah habis, Manik Angkeran meninggalkan banyak hutang yang harus dibayar. Ia meminta pertolongan pada ayahnya.

Mendengar permintaan putranya, Sidi Mantra meminta bantuan Naga Besukih. Sisiknya yang berubah menjadi intan dan permata akhirnya bisa membayar hutang Manik Angkeran. Hal ini dilakukan dengan syarat bahwa Manik akan berhenti berjudi. Setelah hutangnya terbayar, Manik mengulangi kebiasaanya. Kali ini ayahnya tidak mau membantunya. Karena tidak pernah tahu mantra atau pun doa untuk meminta pertolongan pada Naga Besukih, Manik membawa genta ayahnya yang dicuri saat ayahnya tidur. Ia lalu pergi ke menemui Naga Besukih dan meminta bantuan sambil ketakutan. Pada cerita legenda ini, Naga tersebut membantunya dengan syarat Manik mau berhenti berjudi.

Manik silau akan permata dan intan yang diberikan oleh Naga Besukih. Ketika Naga berbalik, ia memotong ekornya yang berubah menjadi intan. Ketika kabur, Naga meniup jejaknya hingga Manik menjadi abu. Mendengar putranya yang meninggal dunia, Sidi Mantra meminta Naga menghidupkan anaknya kembali. Hal ini berhasil setelah Sidi mengembalikan ekor seperti sedia kala. Manik hidup kembali dan meminta maaf pada Naga. Namun, Manik tidak bisa hidup bersma orang tuanya. Dibuatlah batas yang kemudian mengeluarkan air hingga menjadi lautan. Hal ini yang akhirnya membentuk selat Bali yang memisahkan pulau Jawa dan Bali. Demikian sejarah cerita legenda selat Bali ini. Semoga dari cerita tersebut ada banyak pesan yang bisa kita dipelajari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*