Selamat datang di artikel Cara Mengetahui Usia Kehamilan 7 Bulan

KesehatanCara Mengetahui Usia Kehamilan 7 Bulan
usia-kehamilan-7-bulan

Cara Mengetahui Usia Kehamilan 7 Bulan

Usia kehamilan adalah panjang waktu kehamilan yang dihitung sejak hari pertama selesainya haid bagi seorang wanita. Biasanya usia kehamilan dinyatakan dengan minggu atau hari, hal ini lebih rinci ketimbang menggunakan bulan. Mengetahui usia kehamilan bagi seorang ibu sangatlah penting, karena masa masa kehamilan seseorang perlu adanya perlakuan yang berbeda, mulai dari usia kehamilan satu bulan, usia kehamilan 3 bulan, usia kehamilan 7 bulan hingga 9 bulan. Dengan mengetahui usia kehamilan maka seorang wanita akan lebih mengetahui dan mejaga janin dengan tepat. ada banyak cara untuk mengetahui dan menghitung usia kehamilan, pergilah ke dokter agar tahu usia kandungan yang akurat.

Metode metode yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan ada 3 cara atau metode. Yaitu metode USG, perhitungan kalender dan perhitungan tinggi puncak rahim. Untuk metode kalender cukup mudah dilakukan, namun kurang akurat dibanding dengan metode lainnya. Metode kalender mengacu kepada hari pertama setelah anda haid. Dokter biasanya berasumsi bahwa terjadi pembuahan pada hari ke -14, namun karena waktu ovulasi seorang wanita berbeda beda dan jarang ada yang mengingat jadwal menstruasi dengan tepat maka perhitungan dengan menggunakan kalender kurang tapat, apalagi bagi wanita yang mengalami haid secara tidak teratur. Metode selanjutnya yang bisa digunakan dalam menghitung usia kehamilan 1 bulan, usia kehamilan 7 bulan hingga 9 bulan bisa menggunakan metode tinggi puncak rahim. Caranya harus dilakukan oleh dokter kandungan atau bidan, karena perhitungan dan pengukuran dari dokterlah yang paling akurat. Metode ini menggunakan cara mengukur jarak dari tulang kemaluan sampai dengan bagian puncak rahim yang menonjol keperut. Dokter biasanya menggunakan pita untuk mengukurnya. Jika panjang yang dihasilkan 30 cm maka usia kehamilannya 30 minggu.

Dan cara yang ketiga dalam mengetahui usia kehamilan adalah cara yang paling manjur untuk dilakukan, yaitu menggunakan metode USG, alat ini sangat canggih dan tersedia beberapa dimensi, ada 2, 3, 4 dimensi. Ada dua USG yang bisa digunakan, yang pertama USG transvaginal yaitu untuk memastikan keberadaan kantong janin dan lokasi janin, dan yang kedua USG transabdominal yang berguna untuk melihat gambaran maupun pergerakan janin dengan jelas. Ketika usia janin 8 hingga 18 minggu maka dokter akan melakukan penghitungan dengan cara mengukur diameter kantong kehamilan, mengukur lingkar kepala janin, dan mengukur panjang janin mulai dari kepala hingga bokong. Dengan begitu maka anda akan mengetahui usia kehamilan satu bulan, usia kehamilan 7 bulan hingga 9 bulan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*