Beberapa Model Baju Batik Kantor yang Cocok untuk Wanita Masa Kini

Penampilan merupakan salah satu cara bagi seseorang untuk menghargai dirinya sendiri juga orang lain yang ditemui. Dengan berpenampilan baik pastinya Anda akan lebih nyaman untuk bertemu orang lain apalagi dengan kolega kantor maupun para customer. Cara berpenampilan selain dari tata rias wajah dan rambut adalah melalui pemilihan busana yang dikenakan.

Busana yang rapi dan sopan akan membuat Anda tampil lebih santun dan percaya diri terutama untuk kebutuhan pekerjaan. Untuk alasan tersebut, kini banyak perusahaan menerapkan sistem seragam bagi karyawannya demi menjaga penampilan semua karyawan. Akan tetapi jika Anda bekerja di perusahaan yang tidak memiliki seragam, maka Anda juga bisa membuat baju seragam sendiri dengan menggunakan kain batik yang formal. Untuk modelnya, berikut ini adalah beberapa model baju batik kantor untuk wanita masa kini yang sopan dan menarik.

1. Tanpa kerah lengan panjang.

Baju seragam tak harus berkerah terutama untuk wanita berhijab. Penggunaan kerah akan percuma karena tertutupi oleh hijab yang dipakai dengan cara dijuntaikan ke dada. Umumnya menggunakan resleting di bagian samping sehingga tersembunyi dan lebih rapi. Jenis tanpa kerah juga bisa digunakan untuk wanita yang tak berhijab dengan modifikasi lengan yang lebih pendek untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih mobile.

2. Kerah minimalis lengan panjang atau separuh lengan.

Pilihan model seragam ini banyak digunakan untuk mereka yang bekerja di belakang meja dan banyak melakukan kegiatan menulis seperti karyawan bank dan administrasi swasta. Dengan kerah minimalis, Anda tak akan terlalu gerah meski bekerja di ruangan yang tanpa pendingin. Penggunaan bahan batik bisa dipilih yang tak terlalu formal atau berbeda-beda sehingga Anda memiliki banyak pilihan busana yang bisa digunakan.

3. Model kutu baru.

Model baju batik kantor lain adalah model kutu baru yang lebih tradisional. Meski begitu model tersebut kini banyak digunakan untuk baju kantor hingga busana resepsi karena modelnya yang minimalis namun sangat feminim. Untuk wanita berhijab jika ingin menggunakan batik model kutu baru sebaiknya memasukkan hijab ke dalam busana agar lebih rapi dan bisa digunakan untuk menutupi area dada karena model ini memiliki bagian dada yang lebih rendah.

4. Blouse batik.

Anda juga bisa menggunakan model yang lebih santai jika memang suasana kantor mengijinkan. Blouse batik dengan panjang hingga menyentuh betis atas bisa menjadi pilihan. Bagian bawah blouse bisa dibuat bergelombang yang akan cocok digunakan untuk Anda dengan usia remaja atau muda.

5. Kancing samping dengan ikat pinggang.

Model ini juga merupakan model baru untuk batik formal. Menggunakan kerah minimalis dan kancing samping seperti busana etnis Tionghoa. Akan tetapi ada penambahan pada bagian tengah yaitu ikat pinggang dengan tali yang warnanya disesuaikan dengan warna kerah minimalis yang digunakan.

6. Model blazer.

Batik selain dibuat dalam bentuk kemeja juga bisa digunakan sebagai blazer. Panjang blazer sebaiknya hanya sampai pinggang saja untuk membedakannya dengan blazer jas. Bagian dalam juga menggunakan bahan batik yang sama sehingga tetap fungsinya adalah sebagai atasan.

Itulah beberapa model baju batik kantor untuk wanita yang bisa Anda pilih untuk membuat seragam batik kantor sendiri. Sebaiknya menyesuaikan dengan suasana di kantor Anda sehingga seragam bisa dipakai dengan lebih leluasa. Jangan hanya memiliki satu atau dua seragam saja agar Anda bisa menggunakannya bergantian. Jika ingin lebih praktis, untuk model lainnya dapat Anda beli secara langsung di berbagai toko online atau situs jual beli terpercaya.