Selamat datang di artikel 5 Tips Menyusun Prioritas Daftar Perlengkapan Medis yang Perlu Didahulukan Penyediaannya

Kesehatan5 Tips Menyusun Prioritas Daftar Perlengkapan Medis yang Perlu Didahulukan Penyediaannya

5 Tips Menyusun Prioritas Daftar Perlengkapan Medis yang Perlu Didahulukan Penyediaannya

Ada sekian daftar perlengkapan medis yang beberapa perlu segera disediakan dan beberapa lainnya bisa ditunda dahulu. Banyaknya jenis dan jumlah peralatan medis yang perlu disediakan oleh sebuah klinik atau rumah sakit perlu perencanaan matang sebelum disediakan. Kita bisa memulainya dengan menyusun skala prioritas untuk menentukan mana yang baiknya segera disediakan dan sebaliknya. Metode ini akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan namun sekaligus menjaga keuangan klinik tetap sehat.

Bagaimana Menentukan Prioritas?

Beragamnya peralatan medis ini membuat bagian penyedia perlu memperhitungkan dengan cermat, supaya tidak berdampak buruk bagi keuangan klinik. Pertimbangan utamanya adalah dengan memilih peralatan medis yang sekiranya paling dibutuhkan. Pada akhirnya daftar yang dibuat akan disusun berdasarkan prioritas atau seberapa penting peralatan tersebut. Apabila merasa masih kesulitan menentukan mana yang perlu disusun di awal maka Kita perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Seberapa sering peralatan digunakan,

Ada beberapa jenis peralatan medis yang digunakan di hampir semua tindakan medis yang diberikan kepada pasien. Sehingga Kita bisa menempatkannya di posisi paling awal dengan jumlah yang mengikuti kebutuhan. Sebab sering dipakai belum tentu dibutuhkan dalam jumlah banyak, jadi setelah menempatkan posisi paling penting di peralatan mana. Langkah selanjutnya membeli dan menyediakan dalam jumlah yang tepat, hal ini akan membantu petugas medis melakukan pemeriksaan dan tindakan lanjutan lainnya.

  1. Departemen mana saja yang memerlukan peralatan serupa,

Semakin banyak departemen atau bagian di rumah sakit yang memerlukan peralatan medis serupa, maka perlu dimasukkan ke daftar trend perlengkapan medis pertama. Hal ini perlu dilakukan sebab semakin banyak bagian kesehatan yang memerlukannya otomatis fungsi dari peralatan ini cukup vital. Bisa jadi, bagian satu dengan bagian lainnya membutuhkan dalam jumlah yang banyak dan bisa juga sebaliknya. Cek semua daftar perlengkapan di masing-masing bagian dan temukan yang sama jenisnya dan sediakan dahulu.

  1. Apakah peralatan memiliki fungsi vital,

Ada beberapa peralatan medis yang fungsinya vital dan tidak bisa digantikan dengan peralatan lainnya, dan tidak pula memindahkan pasien ke rumah sakit lain yang memilikinya. Peralatan dengan kriteria seperti ini wajib Kita dahulukan untuk disediakan supaya pasien bisa ditangani dengan cepat dan tepat. Meskipun harga peralatan medis seperti ini lumayan mahal apabila memang vital maka mau tidak mau rumah sakit atau klinik pun akan berusaha menyediakannya.

  1. Peralatan yang membantu mengurangi kesalahan,

Petugas medis yang tengah menjalankan tugasnya juga adalah manusia biasa, sehingga tetap ada kemungkinan melakukan kesalahan. Apalagi jika ada pasien yang memang memiliki gejala serupa dengan penyakit yang di diagnosis awal padahal menderita penyakit lain. Memperkecil kesalahan diagnosis ini ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan medis canggih. Apabila mendapati peralatan yang mampu mengurangi bahkan mencegah kesalahan petugas medis maka sebaiknya segera disediakan supaya kualitas rumah sakit terjaga.

  1. Membantu pengobatan penyakit tertentu,

Rumah sakit yang ditunjang oleh perlengkapan medis yang lengkap dan cukup canggih akan memberikan kemudahan petugas medis bekerja maksimal. Kemudian bisa memberikan pelayanan lebih kompleks kepada pasien sehingga mampu mengatasi penyakit tertentu. Apalagi penyakit yang hanya bisa disembuhkan dengan peralatan medis, misal peralatan terapi untuk penyakit kanker dan lain sebagainya. Supaya pelayanan rumah sakit tidak mengecewakan dan bisa diandalkan masyarakat susun daftar perlengkapan medis dengan tepat dan disediakan sekaligus dioperasikan oleh petugas ahli.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked ( * ).

Your comment*

Your name*

Your email*