5 Masalah Laptop yang Sudah Berumur Lebih dari 4 Tahun

Barang elektronik termasuk laptop memiliki usia masa pakai termasuk beberapa sparepart yang digunakan di dalamnya. Usia laptop rata-rata antara 5 sampai dengan 6 tahun saja, itupun jika digunakan dengan perawatan yang baik. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika usia laptop bisa bertahan sampai 10 tahun tetapi teknologinya akan sangat tertinggal dengan teknologi laptop lainnya.

Jika usia laptop kamu sudah lebih dari 4 tahun, beberapa masalah berikut ini akan muncul pada laptop kamu. Tidak perlu khawatir karena bisa kamu atasi sendiri dengan mudah.

Terlalu Panas

Menggunakan laptop di tempat yang kurang mendapatkan sirkulasi udara yang baik akan mempengaruhi suhu laptop sehingga menyebabkan laptop lebih cepat panas atau dikenal dengan istilah overheat.

Jika laptop mengalami overheat atau panas yang terlalu tinggi biasanya laptop tiba-tiba akan langsung mati atau mengalami restart dengan sendirinya. Yang cukup fatal adalah dalam kondisi demikian bisa saja mengganggu pekerjaan, apalagi jika pekerjaan yang sedang dikerjakan tidak tersimpan secara otomatis.

Agar tidak terjadi overheat pada laptop sebaiknya lakukan beberapa hal untuk merawatnya seperti membersihkan laptop dari debu dengan service secara rutin, menggunakan laptop di permukaan yang rata seperti meja atau alas yang tidak menutupi semua bagian bawah permukaan laptop. Hindari menggunakan laptop dengan menggunakan alas bantal atau di atas kasur karena kerap membuat kipas tidak bekerja dengan optimal.

Laptop Lemot

Salah satu kendala yang kerap terjadi pada laptop yang memiliki usia lebih dari 4 tahun adalah performa yang mulai menurun. Salah satu sebabnya bisa saja terjadi karena kapasitas ruang penyimpanan yang semakin sempit.

Solusinya bisa saja dengan cara menambah kapasitas penyimpanan atau menggantinya dengan tipe yang lebih baik seperti menggunakan SSD. Selain itu juga kamu tetap bisa melakukan upgrade RAM sehingga performa laptop menjadi lebih baik.

Lakukan perawatan dengan memindahkan file atau beberapa berkas yang sudah tidak digunakan lagi ke dalam external hardisk. Dengan begitu kapasitas hardisk dalam laptop tidak akan selalu penuh yang mengakibatkan kinerja nya menjadi lambat.

Baterai Soak

Beberapa orang memiliki kebiasaan buruk ketika menggunakan laptop misalnya dengan mengisi ulang daya baterai laptop sambil terus digunakan meskipun tandanya sudah penuh 100 persen.

Kebiasaan buruk ini justru sangat merugikan karena akan cepat membuat daya tahan baterai menjadi turun. Beberapa pengguna juga mungkin tidak mengenal istilah kalibrasi baterai. Perawatan-perawatan sepele namun penting seperti ini akan membuat usia baterai jadi lebih awet.

Jika sudah tidak bisa diisi ulang lagi, jangan ambil risiko dengan memaksakannya. Segera ganti baterai dengan yang baru dan pilih baterai yang original untuk menghindari kerusakan lebih banyak lagi apalagi jika berdampak besar pada motherboard.

Keyboard Rusak

Salah satu bagian yang paling banyak disentuh oleh tangan adalah bagian keyboard. Tombol-tombol memiliki peranan yang cukup penting ketika digunakan untuk mengetik sambil mengerjakan tugas.

Namun apa jadinya jika salah satu tombol tidak berfungsi? Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu pekerjaan. Tetapi tidak perlu khawatir karena untuk penggantian keyboard laptop tidak terlalu mahal. Papan ketik ini bisa diganti di service center terdekat atau bisa diganti sendiri dengan melihat tutorialnya melalui beberapa channel YouTube yang mengajarkan secara langsung bagaimana cara mengganti keyboard laptop sendiri.

Mati Sendiri

Salah satu masalah yang paling sering terjadi ketika usia laptop lebih dari 4 tahun adalah kendala laptop mati sendiri atau tiba-tiba melakukan restart sendiri.

Untuk mengetahuinya memang tidak bisa dilakukan sendiri karena dibutuhkan keterampilan teknis untuk membongkar dan memeriksa kondisi laptop yang sebenarnya. Sudah sangat wajar jika usia laptop lebih dari 4 tahun mengalami hal tersebut karena beberapa bagian pastinya sudah mencapai usia pakainya.

Jika laptop sudah rusak beberapa bagian yang vital, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu untuk memperbaikinya kembali. Karena bisa jadi harga untuk memperbaikinya hampir sebanding dengan membeli laptop yang baru.

Jika ternyata kamu tidak memiliki dana cukup untuk mendapatkan laptop pengganti yang baru, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini banyak perusahaan yang memberikan kredit instan online untuk melakukan pembelian barang elektronik termasuk kredit laptop dengan syarat yang mudah.

Salah satu perusahaan yang memberikan layanan kredit laptop terbaik dengan tenor yang fleksibel adalah Kredivo. Kredit laptop melalui Kredivo dapat dicicil mulai dari 3, 6 sampai dengan maksimal 12 bulan. Dengan bunga rendah 2.95%, Kredivo memberikan kemudahan dalam proses pengajuan tanpa syarat yang sulit.

Untuk bisa melakukan kredit laptop melalui Kredivo cukup sediakan tanda pengenal, satu akun digital yang sudah pernah digunakan dalam bertransaksi dan satu akun internet banking untuk mendapatkan kemudahan cicilan kredit laptop dengan mudah. Untuk informasi lengkap serta berbagai promo menarik yang ditawarkan bisa langsung mengakses halaman https://www.kredivo.com/.